Entri Populer

18 November 2012

Seputar sosial media ( YouTube dan Twitter)


Kali ini saya akan membahas tentang media sosial. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure). Media sosial juga mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
§  Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
§  Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
§  Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
§  Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang YouTube dan Twitter.
YouTube merupakan sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. A akan langsug bisa melihat apa yang kita inginkan. Terdapat hal positif dan negatif yang ada pada youtube akan tetapi hal itu di kembalikan pada si pengguna sendiri, akan digunakan sebagai media yang membawa hal positif atau negatif merekalah yang menentukannya. Oleh karena itu menurut saya penggunaan youtube untuk anak di bawah umur haruslah berada dalam pengawasan orang tua karena kecerdasan dan rasa ingin tahu mereka begitu besar sehingga apabila mereka membuka youtube tanpa pengawasan orang tua di takutkan mereka akan membuka video yang tidak seharusnya mereka buka. Akan ttapi banayk juga hal positif yang di berikan oleh youtube antara lain kita dapat menyaksikan seputar liputan dari berbagai dunia tanpa kita harus datang atau menyaksikan langsung karena videonya telah diunggah ke dalam youtube dan kita bisa menyaksikannya secar gratis,
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapaISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna.Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja. Dalam penggunaanya youtube sangatlah mudah dan bersifat friendly, kita hanya cukup mengupload video yang ingin kita share ke dalam youtube kemudian kita bisa langsung bisa melihatnya setelah proses upload selesai. Video yang telah kita upload dapat di saksikan oleh seluruh negara. Perbedaan youtube dari account sosial media lainnya adalah kita tidak perlu login atau mendaftar terlebih dahulu untuk masuk ke dalamnya tetapi kita hanya perlu membuka webnya lalu kita langsung bisa menikmati video yang akan kita buka.

Sejarah Youtube
YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Kantor pusat youtube pada awalnya terletak di lantai atas sebuah restoran pizza dan restoran jepang di San Meteo, California. Video pertama yang di upload di youtube adalah video yang menampilkan Jawed Karim di sebuah kebun binatang San Diego dengan judul “Me at The Zoo”. Youtube launching pada bulan November 2005. Tercatat 65.000 video baru di upload ke situs youtube setiap harinyadengan 100 juta viewersper hari itu terjadi setelah 8 bulan peresmian ( Juli 2006). Kemudian Google Inc membeli Youtube senilai 1,65 miliar US $. Pada tahun 2007 youtube telah mengkonsumsi Bandwith menyamai besarnya keseluruhan internet di dunia tahun 2000, kemudian di tahun 2008 youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody award (merupakan  penghargaan untuk keunggulan dalam jurnalisme penyiaran radio dan televisi, film dokumenter, program pendidikan, program anak-anak, dan hiburan) karena telah menjadi “Speakers Corners” dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi serta kebebasan berpendapat.  Dan saat ini Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika serikat, bahkan mungkin dunia, dengan menguasai 43 persen pasar. Diperkirakan 20 Jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari.
YouTube merupakan situs yang paling banyak dikunjungi ketiga, telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Berikut negara-negara yang pernah memblokir ataupun masih memblokir YouTube :



















Twitter merupakan media sosial yang tak kalah maraknya saat ini, terutama diantara kawula muda. Di Indonesia twitter sedikit demi sedikit mulai banyak digemari, hal ini mungkin dikarenakan rasa bosan yang ditimbulkan dengan facebook, maka para netter (terutama mungkin pengguna Blackberry) pun mulai mencari alternatif komunilasi lain dan twitter menjadi pilihan yang banyak digemari. Hal itu pun tak luput diterapkan pada televisi-televisi Indonesia yang kini ,ilai menambahkan account twitter disamping fecebook dan YM sebagai sarana komunikasi interaktif antara pemirsa televisi dengan acara yang sedang berlangsung. Twitter masuk ke dalam kategori  Mikro Blogging, yaitu  sebuah update singkat tentang sesuatu (entah itu sebuah kejadian, yang sedang dijalani atau berita update) yang disajikan dalam karakter singkat. Bagi anda pengguna facebook mungkin tak asing lagi dengan yang namanya status update begitu juga dengan twitter. Kegiatan utama yang dilakukan pada twitter adalah tak jauh berbeda dangan status update  yang ada pada facebook. Dengan twitter anda bisa mengupdate status anda, sehingga para pengikut (follower) anda bisa mengetahui apa, dimana atau sedang apa anda saat menulis status tersebut. Mikro Blogging telah menjadi alternatif bagi orang yang ingin sebuah blog tapi tidak ingin nge-blog. Sebuah blog pribadi akan berisi berbagai informasi yang penting yang memang layak untuk disajikan ke khalayak umum, namun kenyataannya tidak semua orang suka menulis yang panjang dan lebar atau menerangkan secara detil tentang sesuatu. Oleh karena itu hadirlah  twitter pun hadir untuk kegiatan micro blogging, anda bisa menginformasi sesuatu secara singkat dan padat, tanpa perlu atau harus menjelaskan secara panjang dan lebar. Cukup subjek atau hal yang paling penting saja. Dengan adanya kemampuan untuk mengikuti orang (Follow People) ataupun mempunyai pengikut (Follower) maka Twitter pun telah menjadi semacam social messaging, dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang menjadi pengikut kita atau dengan orang yang kita follow. Dengan adanya Twitter kita bisa dengan cepat dan mudah berkomunikasi dan mengumpulkan orang atau teman-teman kita. Cukup kita update Twitter “Kumpul di Kampus jam 09.00”, maka semua orang (pengikut ataupun teman-teman) kita bakal secara serentak menerima informasi tersebut, dan akhirnya kegiatan kumpul-kumpul pun bisa terkoordinasi dengan baik. Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.

Sedikit tentang twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblogsehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.

Sejarah Twitter

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 tweets per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Banyak istilah yang berupa singkatan dikarenakan memang twitter hanya membatasi 140 karakter dalam menuliskan status. Berikut beberapa istilah yang ada pada twitter :

Tweet : Apa yang kita tulis (post) di Twitter, itu yang dinamakan Tweet. Dalam Bahasa Indonesia, Tweet memiliki terjemahan kicauan. Jangan bingung kenapa
Home : Pada halaman utama kita bisa melihat tweets yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Selain itu di halaman utama ini
Profile : pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta tweet yang sudah pernah di-posting.

Following : Artinya Anda akan menerima update status dari teman Anda orang tersebut.

Follower : Orang yang menerima update dari Anda.
Anda bisa mengikuti (following) siapa saja, tapi jangan bingung jika ada simbol seperti “Gembok” disamping nama orang yang akan Anda follow (lihat gambar TheFuzzball dibawah) artinya orang tersebut tidak sembarang menerima Follower karena alasan-alasan tertentu (misal: takut di follow spammer atau menghindari follower yang memakai gambar profil kurang sopan)

@ : Fungsinya bisa untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada nama yang dimaksud

ReTweet : disingkat RT, artinya mengulang, menulis kembali apa yang ditulis seseorang, bisa jadi karena kata-kata tersebut Indah. RT ditambahkan pada tweet diikuti dengan @(username) ditambah dengan kata-kata yang ingin anda ulang.

Mentions : biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Direct Message : fungsi direct message lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
List : pengguna twitter dapat mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau list. sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para username yang mereka follow
Favorite : tweets ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Hash Tags : dilambangkan dengan #, gunanya agar pengguna lain yang melihat bisa mencari topik sejenis yang ditulis orang lain dengan mudah. Misal #FollowFriday , #Blogging dll

#FollowFriday : adalah tradisi setiap hari Jumat dimana Anda dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman Anda yang menyenangkan. Silahkan tulis @(namatemanAnda) yang Anda rekomendasikan pada tweet Anda.

TrendingTopics : Apa topik yang sedang dibicarakan banyak orang? Misal saat kematian Michael Jackson, Michael Jackson menjadi TT (sing. Trending Topics), saat bom mengguncang Indonesia #IndonesiaUnite menjadi topik yang paling sering dibicarakan. Bagaimana suatu tweet bisa menjadi Trending Topics? biasanya karena banyaknya orang yang menggunakan #(topikyangdibicarakan) pada tweetnya. Semakin banyak orang yang membicarakan topik yang sama dengan Anda, semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.

OverHeard : disingkat OH, artinya Anda mendengar (melihat) tweet milik orang lain yang sangat menarik, tetapi Anda tidak ingin menyebutkan siapa yang menulis tweet tersebut. (Berbeda dengan RT yang menyebutkan sumber tweet).

Heard Trough: dilambangkan dengan HT , tiba-tiba Anda teringat dengan kata-kata menarik yang diucapkan teman Anda kemarin. Anda dapat menulisnya pada tweet dengan HT (singkatan Heard Trough). HT berbeda dengan RT, karena HT adalah kata-kata yang Anda dengar pada kehidupan nyata.

OMG : Oh My God

LOL : Lots of Laugh

Beberapa refrensi :
http://canacantya.wordpress.com/sejarah/sejarah-berdirinya-youtube/
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
http://jaringnews.com/seleb/umum/23739/emmy-awards-dan-peabody-awards-bedanya-
http://remajaislam.com/dunia-muda/tips/20-mengenal-twitter.html
http://anggiehseven.wordpress.com/2011/05/18/yuk-mengenal-twitter/
http://www.tipsntrick.net/artikel/umum/387-mengenal-istilah-dalam-twitter
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
Aulia, Muhammad. 2010. Belajar Teknologi dengan Mudah. Depok: Gramedia Pustaka
Elcom. 2009. Twitter: Best Social Networking. Jakarta: Penerbit Andi Jogjakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive